Temu Lawak Rahasia kebugaran pak Jokowi

Dalam sebuah video di akun Instagram resminya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahan rahasia yang telah dikonsumsi setiap pagi selama 18 tahun terakhir. Bahan-bahannya disebut sangat sederhana.

"Obat herbal ini adalah campuran temulawak, jahe, kunyit, sehingga temulawak dihancurkan atau dicincang, temulawak yang dicincang dengan kunyit juga kemudian disiram, di saring dan diminum," kata Jokowi.
Temulawak adalah salah satu obat herbal yang digunakan oleh Jokowi. Temulawak atau Curcuma xanthorrhiza adalah tanaman obat milik keluarga Zingiberaceae. Tanaman asli Indonesia ini sering digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Sebuah studi oleh Ali Rosidi dan rekannya yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition Pakistan menunjukkan bahwa jahe memiliki banyak manfaat sebagai antioksidan alami yang sangat baik. Komponen aktif yang bertanggung jawab untuk aktivitas antioksidan pada jahe adalah curcumin.

Analisis ini dilakukan dengan mengukur sifat antioksidan dan kadar curcumin di temulawak. Sifat antioksidan diukur menggunakan metode DPPH, sedangkan kadar curcumin diukur menggunakan HPLC.
madu anak nutrinext lastabumin
Menurut Medical News Today, antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, molekul tidak stabil yang diproduksi oleh tubuh sebagai respons terhadap tekanan lingkungan dan lain-lain.

Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan baik untuk kesehatan jantung dan juga dapat membantu mengurangi risiko infeksi dan beberapa jenis kanker.

Sehat terus pak jokowi..