Tips Atasi Demam Tinggi Anak

Orang tua umumnya punya tips untuk mengatasi demam pada anak. Obat penurun demam untuk anak-anak bermacam-macam dan sudah tersedia di apotek. Tetapi banyak dari kita yang menghindarinya dan hanya menggunakan obat ketika suhu tubuhnya sangat tinggi.
Tips Atasi Demam Tinggi Anak

Bahan utama untuk menghilangkan rasa sakit pada anak-anak biasanya parasetamol atau ibuprofen. Keduanya memiliki efek samping, misalnya parasetamol dapat dikaitkan dengan asma, sedangkan ibuprofen dapat menyebabkan maag dan masalah ginjal.
Mengatasi demam pada anak-anak secara alami

1. Mandi air hangat

Anak-anak mandi dengan air hangat atau ruam kuku dapat membantu meredakan demam pada anak-anak. Jangan mandi dengan air dingin karena akan dingin bersama. Tambahkan garam mandi atau minyak esensial seperti minyak Lavender untuk menenangkan tubuh Anda. Jika tidak mungkin untuk mandi, basuh tubuh Anda dengan handuk atau handuk hangat.

2. Pijat dengan herbal

Campur minyak kayu putih dengan 2-3 daun bawang, tambahkan potongan jeruk nipis. Jika minyak kayu putih terlalu keras, bisa diganti dengan minyak kelapa. Jeruk bisa diganti dengan asam jic. Pijat tubuh bayi Anda dengan ramuan ini, terutama bagian belakang, dada, dan perut.
obat demam anak
OBAT HERBAL DEMAM ANAK

3. Terapi kaus kaki

Masukkan kaki Anda ke dalam air panas. Lalu letakkan sepasang kaus kaki katun di air dingin, kupas dan gunakan sebelum tidur. Kenakan sepasang kaus kaki kering yang terbuat dari wol di kaus kaki basah.
Terapi ini akan membantu mengendalikan demam pada anak-anak dengan mengumpulkan darah di kaki, sehingga meningkatkan sirkulasi darah.

4. Kipas

Dr Jennifer Shu di babycenter.com mengatakan penggemar yang tidak diarahkan langsung pada anak dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Anak-anak sebaiknya tidak mengenakan pakaian yang terlalu tebal.

5. Nyaman

Ini adalah metode yang paling umum digunakan di masa lalu, karena ini adalah yang paling sederhana dan paling efektif. Bungkus dahi dengan handuk hangat dan basah.

6. Pijat dengan minyak peppermint

Minyak PepperMint sangat berguna dalam meredakan demam pada anak-anak. Menthol dalam PepperMint Oil akan menyebabkan hidung tersumbat, sinusitis, dan gejala demam lainnya. Pijat dada dan punggung dengan lembut. Minyak PepperMint akan menenangkan kulit panas anak Anda.

7. Tingkatkan asupan cairan

Salah satu efek demam pada anak adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Minumlah banyak minuman. Cobalah sup, teh herbal seperti teh jahe dan madu. Anda juga bisa memberikan jus buah beku untuk mengobati demam pada anak-anak dari tubuh.

8. Makanan pedas

Jika anak-anak suka pedas, berikan mereka beberapa makanan pedas favorit mereka. Karena sedikit makanan pedas dapat membuatnya berkeringat dan meningkatkan sirkulasi darah.

9. Makanan bergizi untuk kekebalan tubuh

Beri mereka makanan yang sangat bergizi untuk daya tahan mereka. Demam pada anak membuat nafsu makan menurun. Jadi pastikan apa yang dia makan benar-benar bergizi. Aduk (bukan dari kuah daging, tapi rebusan daging ayam) adalah contoh makanan bergizi baginya.

10. Tidur nyenyak atau istirahat

Istirahat membuat suhu tubuh Anda turun. Jika anak Anda terus bergerak, tubuhnya akan lelah dan suhunya akan naik. Jika dia tidak ingin tidur, tunjukkan padanya program TV yang menyenangkan dan suruh dia berbaring.